UJI TEST PERMAINAN BOLA VOLLY 15-18 Tahun
Manfaat dari olahraga antara lain dapat membuat tubuh sehat, kuat, serta menjadi bugar dan bersemangat untuk melakukan kegiatan. Olahraga juga dapat dijadikan sebagai ajang kesenangan dan untuk prestasi. Jenis Olahraga berbeda-beda ada Olahraga sebagai prestasi, pendidikan, rehabilitasi, rekreasi dll.
Permainan bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang digemari oleh semua lapisan masyarakat, baik remaja maupun dewasa. Selain itu permainan bola voli juga dapat melatih seluruh fungsi tubuh disamping melatih kerja kelompok. Berbagai segi positif dari permainan ini yaitu ukuran lapangan relatif kecil, jumlah pemain cukup banyak, perlengkapan alat permainan sederhana dan menimbulkan kegembiraan bagi yang memainkannya. Selain itu permainan bola voli dapat dilakukan di lapangan terbuka maupun tertutup. Seorang pemain bila tidak menguasai teknik yang sempurna akan memungkinkan kesalahan-kesalahan teknik yang tentunya sangat merugikan tim. Penguasaan bola dalam permainan bola voli merupakan hal penting untuk setiap pemain. Sehingga untuk dapat menguasai bola dengan baik dibutuhkan suatu penguasaan teknik dasar yang baik pula. Penguasaan teknik yang baik dapat di ukur dengan tes keterampilan bola yang terdiri dari passing atas, passing bawah, service atas, service bawah dan smash. Berikut adalah alat tes teknik dasar bola voli yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan atlet junior putra dan putri usia 15 - 18 tahun.
1. Passing Bawah
a) Tujuan Untuk mengukur keterampilan dalam melakukan pass bawah selama 60 detik.
b) Alat dan perlengkapan: Tiang berukuran 2,30 m untuk putra dan 2,15 m untuk putri dan Bolavoli, Stopwatch, lapangan dengan bentuk segi empat sama sisi dengan ukuran 4,5 x 4,5 m.
c) Bangku/box yang bisa diatur tinggi rendahnya agar petugas tes yangberdiri di atasnya, pandangannya segaris (horizontal) dengan tinggi net.
d) Petugas tes
Petugas tes terdiri dari 2 orang yang masing-masing bertugas sebagai berikut:
Petugas tes I:
(1) Berdiri bebas di dekat area peserta tes.
(2) Menghitung waktu selama 60 detik.
(3) Memberi aba-aba.
(4) Mengamati kaki peserta tes jika keluar arena.
Petugas tes II:
(1) Berdiri di atas bangku/box.
(2) Menghitung pass bawah yang benar.
e) Pelaksanaan
(1) Peserta tes berdiri di tengah area ukuran 4,5 x 4,5 m.
(2) Untuk memulai tes, bola dilambungkan sendiri oleh peserta tes, setelah mendengar aba-aba “Ya”
(3) Setelah bola dilambungkan, peserta tes melakukan
passing bawah dengan ketinggian minimal 2,30 m untuk putra dan 2,15 m untuk putri.
passing bawah dengan ketinggian minimal 2,30 m untuk putra dan 2,15 m untuk putri.
(4) Bila peserta tes gagal melakukan pass bawah dan bola keluar area, maka peserta tes segera mengambil bola tersebut dan melanjutkan passbawah kembali.
(5) Bila kedua kaki peserta tes berada di luar area, maka petugas tes I memerintahkan agar peserta tes segera kembali ke area, dan bola yang terpantul sewaktu kedua kaki berada di luar area tidak dihitung.
Gambar Pelaksanaan Tes Passing Bawah
f) Pencatatan Hasil
Pass bawah yang dianggap benar dan dihitung adalah bila bola mencapai ketinggian minimal 2,30 m untuk putra dan 2,15 untuk putri dan dilakukan di dalam area selama 60 detik. Penilaian hasil passing bawah dilakukan dengan berpedoman seperti apda tabel dibawah ini:
Tabel Penilaian Tes Passing Bawah
Putra
|
Putri
|
Nilai
|
>47
|
> 45
|
5
|
40 - 46
|
37 - 44
|
4
|
27 - 39
|
21- 36
|
3
|
17 - 26
|
13 -20
|
2
|
< 16
|
<12
|
1
|
2. Passing Atas
a) Tujuan
Untuk mengukur keterampilan dalam melakukan pass atas selama 60 detik.
b) Alat dan perlengkapan
(1) Tiang berukuran 2,30 m untuk putra dan 2,15 m untuk putri.
(2) Pita berukuran panjang 10 meter dan lebar 30 cm (tidak tembus pandang).
(3) Stopwacth.
(4) Lapangan dengan bentuk segi empat dengan ukuran 4,5 x 4,5 m.
(5) Bangku/box yang bisa diatur tinggi rendahnya agar petugas tes yang berdiri di atasnya, pandangannya segaris (horizontal) dengan tinggi net.
c) Petugas tes
Petugas tes terdiri dari 2 orang yang masing-masing bertugas sebagai berikut:
Petugas I:
(1) Berdiri bebas di dekat area peserta tes.
(2) Menghitung waktu selama 60 detik.
(3) Memberi aba-aba.
(4) Mengamati kaki peserta tes jika keluar area.
Petugas tes II:
(1) Berdiri di atas bangku/box.
(2) Menghitung pass atas yang benar.
d) Pelaksanaan tes
(1) Peserta tes berdiri di tengah area ukuran 4,5 x 4,5 m.
(2) Untuk memulai tes, bola dilambungkan sendiri oleh peserta tes, setelah mendengar aba-aba “Ya”.
(3) Setelah bola dilambungkan, peserta tes melakukan passing atas dengan ketinggian minimal 2,30 m untuk putra dan 2,15 m untuk putri.
(4) Bila peserta tes gagal melakukan passing atas dan bola keluar area, peserta tes segera mengambil bola tersebut dan melanjutkan passingatas kembali.
(5) Bila kedua kaki peserta tes berada di luar area, maka petugas tes I memerintahkan agar peserta tes segera kembali ke area, dan bola yang terpantul kedua kaki berada di luar tidak dihitung.
Gambar Pelaksanaan Tes Passing Atas
e) Pencatatan hasil
Passing atas yang dianggap benar dan dihitung adalah bila bola mencapai ketinggian minimal 2,30 m untuk putra dan 2,15 m untuk putri dan dilakukan di dalam area selama 60 detik. Penilaian hasil passing atas dilakukan dengan berpedoman seperti apda tabel dibawah ini:
Tabel Penilaian Tes Passing Atas
Putra
|
Putri
|
Nilai
|
> 56
|
> 54
|
5
|
43 -55
|
37 - 53
|
4
|
31 - 42
|
20 - 36
|
3
|
20 - 30
|
10 - 19
|
2
|
< 19
|
< 9
|
1
|
3. Servis Bawah
Tes servis bahwa bertujuan untuk mengukur keterampilan dalam melakukan servis bawah. Alat dan perlengkapan berupa lapangan bolavoli ukuran normal lengkap dengan tiang dan net, dibuat garis-garis yang membatasi sasaran nilai. Tinggi net 2,30 m untuk putra dan 2,15 untuk putriddan bolavoli. Petugas tes terdiri dari 2 orang dimana Petugas tes I bertugas berdiri bebas di dekat area peserta tes dan mengawasi pelaksanaan tes.Sedangkan Petugas tes II bertugas untuk berdiri tidak jauh dari area sasarandan menghitung dan mencatat hasil tes.
Gambar Pelaksanaan Tes Servise Bawah
Pelaksanaan tes dilakukan dengan langkah-langkah (1) peserta tes bediri di daerah servis dan melakukan servis bawah sebanyak 6 kali, (2)Peserta dianjurkan untuk mengarahkan bola pada area sasaran nilai tertinggi.Pencatatan hasil yaitu nilai diberikan kepada pelaksanaan servis bawah yang benar. Besarnya nilai sesuai dengan jatuhnya bola pada sasaran angka 1, 2, 3, 4, dan 5. Bila bola yang jatuh digaris batas akan diberikan nilai pada sasaran yang lebih tinggi, misalnya antara angka 2 dan 3, maka dihitung dengan nilai 3.
Penilaian hasil servis bawah dilakukan dengan berpedoman seperti pada tabel dibawah ini:
Tabel Penilaian Tes Servis bawah
Putra
|
Putri
|
Nilai
|
>25
|
>24
|
5
|
21-24
|
19-23
|
4
|
15-20
|
10-18
|
3
|
10-14
|
5-9
|
2
|
<9
|
<4
|
1
|
4. Service Atas
a) Tujuan
Untuk mengukur keterampilan dalam melakukan servis atas.
b) Alat dan perlengkapan
(1) Lapangan bolavoli ukuran normal lengkap dengan tiang dan net, dibuat garis-garis yang membatasi sasaran nilai.
(2) Tinggi net 2,30 m untuk putra dan 2,15 m untuk putri.
(3) Bolavoli.
c) Petugas tes
Petugas terdiri dari 2 orang yang masing-masing bertugas sebagai berikut:
Petugas tes I:
(1) Berdiri bebas di dekat area peserta tes.
(2) Mengawasi pelaksanaan tes.
Petugas tes II:
(1) Berdiri tidak jauh dari area sasaran.
(2) Menghitung dan mencatat hasil tes.
d) Pelaksanaan tes
(1) Peserta berdiri di daerah servis dan melakukan servis atas sebanyak 6 kali.
(2) Peserta dianjurkan untuk mengarahkan bola pada area sasaran nilai tertinggi
Gambar Pelaksanaan Tes Servis Atas
e) Pencatatan hasil
(1) Nilai diberikan kepada pelaksanaan servis atas yang benar.
(2) Besarnya nilai sesuai dengan jatuhnya bola pada sasaran angka 1, 2, 3, 4, dan 5.
(3) Bila bola yang jatuh di garis batas akan diberikan nilai pada sasaran yang lebih tinggi, misalnya antara angka 2 dan 3, maka dihitung dengan nilai 3.Penilaian hasil servis atas dilakukan dengan berpedoman seperti pada tabel dibawah ini:
Tabel Penilaian Tes Servis Atas
Putra
|
Putri
|
Nilai
|
> 27
|
> 23
|
5
|
21 -26
|
18 -22
|
4
|
15 - 20
|
11 - 17
|
3
|
8 - 14
|
7 - 10
|
2
|
< 7
|
< 6
|
1
|
5. Smash
a) Tujuan
Untuk mengukur keterampilan melakukan smash.
b) Alat dan perlengkapan
(1) Tinggi net 2,30 m untuk putra dan 2,15 m untuk putri.
(2) Bolavoli.
(3) Lapangan bolavoli ukuran normal lengkap dengan tiang dan net, dan dibuat garis-garis yang membatasi sasaran nilai.
c) Petugas tes
Petugas tes terdiri dari 2 orang yang masing-masing bertugas sebagai berikut:
Petugas tes I:
(1) Berdiri di dekat net di area peserta tes.
(2) Sebagai pengumpan.
Petugas tes II:
(1) Berdiri tidak jauh dari area sasaran.
(2) Menghitung dan mencatat hasil tes.
d) Pelaksanaan tes
(1) Peserta tes berdiri di garis serang, pengumpan berdiri di tengah dekat net dan melambungkan bola untuk dismash peserta tes.
(2) Pada saat bersamaan peserta tes melakukan smash sambil melompat dan mengarah pada sasaran yang paling tinggi.
(3) Melakukan smash sebanyak 6 kali.
(4) Apabila bola lambung tidak sempurna maka dapat diulang kembali.
Gambar Pelaksanaan Tes Smash
e) Pencatatan hasil
Hasil yang dicatat berasarkan jatuhnya bola pada setiap sasaran dengan benar sebanyak 6 kali.
Tabel Penilaian Tes Smash
Putra
|
Putri
|
Nilai
|
> 22
|
> 21
|
5
|
18 - 21
|
16 - 20
|
4
|
12 - 17
|
10 - 15
|
3
|
8 - 11
|
7 - 9
|
2
|
< 7
|
< 6
|
1
|
Kategori Tingkat Kemampuan Teknik Dasar
No
|
Nilai
|
Klasifikasi/Kategori
| |
Putra
|
Putri
| ||
1
|
22-25
|
22-25
|
Baik Sekali
|
2
|
19-21
|
19-21
|
Baik
|
3
|
14-18
|
12-18
|
Sedang
|
4
|
9-13
|
9-11
|
Kurang
|
5
|
5-8
|
5-8
|
Kurang Sekali
|
Sumber yang saya ambil dari : Tes Keterampilan Bola Voli, Depdiknas,1999 dan Pedoman permainan bola volly lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar